Belakangan ini sedang manjamur bisnis
Franchise seperti minimarket ataupun gerai belanja dengan kapasitas menengah kebawah, hal ini memudahkan masyarakat yang ingin beberlanja kebutuhan sehingga tidak perlu jauh-jauh pergi ke Supermarket. Banyaknya minimarket yang ada semakin menambah sengit persaingan, di kota-kota besar di indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya banyak kita temui hal tersebut. Berikut ini adalah 7 minimerket terlaris yang ada di Indonesia
Franchise seperti minimarket ataupun gerai belanja dengan kapasitas menengah kebawah, hal ini memudahkan masyarakat yang ingin beberlanja kebutuhan sehingga tidak perlu jauh-jauh pergi ke Supermarket. Banyaknya minimarket yang ada semakin menambah sengit persaingan, di kota-kota besar di indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya banyak kita temui hal tersebut. Berikut ini adalah 7 minimerket terlaris yang ada di Indonesia
1. Alfamart

Alfamart merupakan salah satu jaringan mimimarket pengecer bahan pokok kebutuhan
sehari hari dan merupakan retailer yang tercepat pertumbuhannya di indonesia, didirikan pada 27 juni 1999 oleh PT Alfa Mitramart Utama. Toko pertama dibuka pada 18 oktober 1999 di karawaci tangerang dengan nama Alfa Minimart, barulah pada 1 januari 2003 namanya berubah menjadi Alfamart sejak diambil alih oleh PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) sampai sekarang.
Saat ini Alfamart sudah mencapai sekitar 2.779 gerai, tersebar diseluruh indonesia mulai dari
kota-kota besar, kabupaten, kecamatan jadi tidak heran kalau
peminatnya juga banyak dan diperkirakan akan semakin meningkat untuk
mengimbangi pesaing utamanya Indomaret. Barang barang yang dijual
berkualitas tinggi dan dengan harga yang terjangkau untuk semua
kalangan.
2. Indomaret
Secara usia umur Indomaret lebih tua dari pesaing utamanya Alfamart. Didirikan pada tahun 1988 dengan nama Indomart (Indonesia
Marketing Retail) namun pada saat itu Pemerintah Orde Lama mewajibkan nama semua produk menggunakan bahasa indonesia yang benar (EYD) sehingga namanya diubah menjadi Indomaret karena nama sebelumnya yaitu Indomart mengandung unsur kebarat-baratan.

Saat
ini Indomaret dikelola oleh PT Indomarco Prismatama (IP). Tidak jauh
berbeda dengan pesaingnya, Alfamart barang yang dijual adalah bahan
pokok kebutuhan sehari hari dengan kualitas tinggi dan terjangkau untuk
semua kalangan sehingga jaringannnya pun luas di seluruh indonesia
bahkan beberapa ada yang masuk hingga pedesaan.
Alfamart VS
Indomaret : Persaingan antara Alfamart dan Indomaret sangat ketat,
kedua merek ini sangat agresif dalam menggrap pasar dan hanya kedua
merek inilah yang serius menggarap pasar sampai ke pedesaan. Saking
ketatnya persaingan, mereka sepertinya tidak peduli dengan lokasi toko,
kita sering jumpai toko Alfamart berdekatan dengan Indomaret dalam
radius hanya beberapa meter bahkan di beberapa tempat ada satu gerai
indomaret yang diapit dua gerai Alfamart. Mungkin ini juga merupakan
strategi Alfamart untuk menekan Indomaret yang gerainya rata-rata lebih
luas. Ini membuat banyak orang yang bertanya alasan mengapa Alfamart
selalu berdekatan dengan Indomaret, sebenarnya Indomaret lah yang
membiayai dan melakukan survey lokasi mini market sebelum berdiri, tapi Alfamart tidak melakukan survey lokasi dan hanya mengikuti (Nebeng) data survey
kelayakan lokasi milik Indomaret. jadi dapat ditarik kesimpulan harus ada Indomaret terlebih dahulu barulah muncul Alfamart desekitarnya.
kelayakan lokasi milik Indomaret. jadi dapat ditarik kesimpulan harus ada Indomaret terlebih dahulu barulah muncul Alfamart desekitarnya.
Ini adalah
Head to head antara Indomaret dan Alfamart dari berbagai sumber seperti kompas
Head to head antara Indomaret dan Alfamart dari berbagai sumber seperti kompas
- Dari segi ketersediaan item : Indomaret lebih lengkap, bebrapa barangnya sulit dijumpai di Alfamart
- Dari segi Kebersihan : Alfamart lebih unggul dan lebih bersih sementara Indomaret sering dijumpai beberapa gerai yang kumuh.
- Dari segi keramahan : Alfamart lebih unggul, semua terstandar, ada welcome
greeting juga. - Dari segi harga : Cukup sulit untuk menilai, intinya keduanya mempunyai harga yang kompetitif.
dari head to head tersebut kalian pasti sudah tahu kenapa Alfamart saya letakan pada urutan pertama.
3. Alfamidi

Banyak orang yang mengira kalau Alfamidi adalah satu Group dengan Alfamart, Awalnya memang Alfamidi satu Group dengan Alfa Ritelindo yang juga menangani Alfamart, seiring perubahan manajemen dari Group
Sampoerna yang manaungi usaha ritel menjual kepemilikannya, selain menjual Alfa Ritelindo pada
carrefour Alfamidi yang tokonya masih sedikit juga dijual kepada PT Midi Utama pada 28 Desember 2007 sampai sekarang tapi dan PT Midi Utama Indonesia inilahmulai dilakukan ekspansi pasar secara lebih agresif.
Banyak orang yang mengira
kalau Alfamidi adalah satu Group dengan Alfamart, Awalnya memang
Alfamidi satu Group dengan Alfa Ritelindo yang juga menangani Alfamart,
seiring perubahan manajemen dari Group Sampoerna yang manaungi usaha
ritel menjual kepemilikannya, selain menjual Alfa Ritelindo pada
carrefour Alfamidi yang tokonya masih sedikit juga dijual kepada PT
Midi Utama pada 28 Desember 2007 sampai sekarang tapi dan PT Midi Utama
Indonesia inilahmulai dilakukan ekspansi pasar secara lebih agresif.
Sama sama menjual kebutuhan pokok sehari hari seperti Alfamart dan Indomaret, perbedaannya adalah Alfamidi menyediakan Froozen Food seperti daging segar serta sayuran dan buah yang lebih banyak. Jaringan Alfamidi juga sudah menjakau beberapa daerah di indonesia tapi tidak seluas dan Alfamart dan Indomaret.
4. Seven Eleven

Holdings Co., sebuah perusahaan Jepang, sekarang tersebar lebih dari 26.000 gerai di 18 negara termasuk Indonesia.
Di Indonesia 7-Eleven dikelola oleh PT
Modern Putraindonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Modern Intrernasional. Saat ini 7-Eleven baru membuka cabang di jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan kota-kota besar lainnya akan segera mnyusul. 7-Eleven sangat populer terutama di jakarta sudah ada dimana mana, bahkan kepopulerannya dapat mengalahkan Alfamart dan Indomaret tapi sebenarnya 7-eleven ini tidak tegolong Minimarket melainkan lebih kepada toko kelontong (conveinence centre), oleh karena itu pemerintah terus mengawasi toko kelontong ini agar tidak berubah menjadi minimarket karena izin 7-Eleven di indonesia adalah toko kelontong dan menurut undang-undang kepemilikan waralaba minimarket harus dari pihak lokal.
Modern Putraindonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Modern Intrernasional. Saat ini 7-Eleven baru membuka cabang di jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan kota-kota besar lainnya akan segera mnyusul. 7-Eleven sangat populer terutama di jakarta sudah ada dimana mana, bahkan kepopulerannya dapat mengalahkan Alfamart dan Indomaret tapi sebenarnya 7-eleven ini tidak tegolong Minimarket melainkan lebih kepada toko kelontong (conveinence centre), oleh karena itu pemerintah terus mengawasi toko kelontong ini agar tidak berubah menjadi minimarket karena izin 7-Eleven di indonesia adalah toko kelontong dan menurut undang-undang kepemilikan waralaba minimarket harus dari pihak lokal.
Produk yang dijual di
7-Eleven tidak hanya kebutuhan pokok sehari hari tapi juga menyediakan
makanan cepat saji, pengunjung juga bisa duduk-duduk santai di meja
yang telah disediakan layaknya Kafe, biasanya juga menjadi tempat Nongkrong yang
enak untuk anak kuliahan dan eksekutif muda, 7-Eleven memang sedang
laris larisnya apalagi dikalangan anak muda tapi kelarisannya secara
keseluruhan belum bisa mengalahkan Alfamart dan Indomaret yang laris
sampai ke pelosok indonesia jadi kasar nya bisa dibilang 7-Eleven cuman laris di Jakarta dan kota-kota besar.
5. Ceria Mart

second brand Indomaret. Pada awalnnya pembentukan Ceria Mart didasari atas teguran Komisi Pengawas Persaingan Usaha kepada PT Indomarco Prismatama (pengelola Indomaret) yang dianggap kurang memperhatikan prinsip keseimbangan sesuai demokrasi dalam menumbukan persaingan sehat antar pelaku usaha dan kepentingan umum dalam pengembangan usaha, itulah sebabnya PT Indomarco Prismatama membentuk Ceria Mart untuk mengantisipasi kalau-kalau Indomaret dihentikan.
Ceria
Mart juga menjual kebutuhan pokok sehari hari seperti Indomaret,
jangkauan Ceria Mart masih terbatas di JABOTABEK dan kota SERANG itupun
lokasinya tidak di tempat-tempat strategis yang utama karena tempat
tersebut di utamakan untuk Indomaret, biasanya lokasinya tidak terlalu
banyak diketahui atau tidak dipinggir-pinggir jalan seperti Indomaret
tapi agak masuk ke dalam gang-gang perumahan.
6. K-Circle

Jaringan
Circle-K masih terbatas di Jabotabek dan sekitarnya serta kota-kota
besar di Indonesia, selain tempatnya yang OK barangnya juga berkualitas
tinggi dan karyawannnya juga terlatih ada beberapa gerai yang melayani
costumernya dengan bahasa inggris biasanya ini gerai di bali atau
gerai yang dekat dengan lokasi tinggalnya para ekspatriat.
Toko
Lawson Pertama di jepang mulai beroperasi pada tanggal 14 Juni 1975
dengan nama Toko Sakura Zuka.Di Indonesia Lawson dikelola oleh PT Midi
Utama Indonesia. Presiden Komisaris PT Midi Utama Indonesia, Djoko
Susanto menargetkan menghadirkan 50 Lawson sampai Agustus 2012.
Supermarket
yang menjamur bak jamur di musim hujan sangat membuat pedagang kecil
atau toko di pinggir pinggir jalan semakin sepi pembeli. Inilah
persaingan bisnis yang semakin bebas, siapa lambat pasti ketinggalan.